MAKNA SEBUAH ULANG TAHUN


Ulang tahun bagi banyak orang adalah kata yang sudah tidak asing lagi, karena hari itu menurut mereka adalah hari dimana mereka di lahirkan ke dunia, jadi jangan heran ketika mereka merayakan dengan berbagai macam perayaan. Ulang tahun masih menurut mereka adalah hari bertambahnya usia dimana umur mereka bertambah satu tahun, benarkah demikian ?

Tidak salah kalau kita beranggapan bahwa ulang tahun adalah bertambahnya usia kita dari saat kita di lahirkan, namun yang perlu juga kita sadari bahwa sebenarnya kehidupan memiliki hubungan erat dengan kematian. Sebagai contoh sering kita dengar ulama mengatakan bahwa kehidupan adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tampat lain, dalam perjalanan ini semakin jauh kita meninggalkan titik awal keberangkatan maka akan semakin dekat kita dengan arah tujuan. Begitupun dengan usia, kita bisa mengatakan bahwa ulang tahun adalah saat dimana usia kita bertambah namun juga yang tak bisa kita pungkiri bahwa ulang tahun merupakan tanda semakin berkurangnya umur kita di dunia dan semakin dekatnya kita dengan kematian. Jadi benarlah seperti yang dikatakan seorang alim bahwa yang paling dekat dengan jiwa manusia adalah kematian.

Kematian adalah sesuatu yang gaib yang tidak seorangpun bisa menebak kapan ruhnya akan di cabut dan ketika kematian itu datang tidak seorangpun yang bisa menunda ataupun memajukan kematian walau sedetik.

“Setiap jiwa pasti akan merasakan mati.”
(Ali Imran: 185)

Lalu sudahkah kita mempersiapkan bekal untuk menghadapi akhir perjalanan kita di dunia ? Ataukah kita sudah terlena dengan tradisi dunia yang mengatakan bahwa ulang tahun adalah pertambahan usia sehingga kita larut dalam perayaan yang mewah, canda tawa, kue yang besar dan  cahaya terang lilin berbentuk angka usia kita serta kado-kado dan ucapan selamat dari sahabat-sahabat kita ?

Sangat beruntung sekali orang yang sadar akan kefanaan kehidupannya di dunia sehingga ketika datang hari ulang tahun, bukan perayaan yang dia utamakan tapi dia akan merenung dan mereview perjalanan hidupnya dari semenjak dilahirkan hingga saat usianya sekarang, lalu apabila dia menemukan bahwa begitu banyak dosa yang telah di perbuat maka dia akan segera bertobat dengan sebenar-sebenarnya taubat dan mengganti hari-harinya dengan beribadah kepada Allah SWT.

Segala Puji bagi Allah SWT yang telah menjadikan kematian sebagai peringatan bagi orang-orang yang ditinggalkan. Semoga kita bisa merubah pandangan kita tentang tradisi ulang tahun dari sekedar perayaan karena bertambahnya usia ke arah introspeksi diri karena berkurangnya umur kita di dunia.

Note : 
ini merupakan renungan yang penulis buat di hari ulang tahun (penulis tidak pernah merayakannya) dan penulis posting di catatan facebook
di bagikan sebagai renungan bersama

Leave a Reply

Jangan Lupa tinggalkan Komentar ya