GURU (Ambil Ilmunya Muliakan Orangnya)


kita semua pasti setuju apabila saya katakan bahwa menuntut ilmu itu adalah sesuatu yang sangat penting, karena tentu saja tidak ada orang yang mau menjadi bodoh atau di sebut sebagai orang yang bodoh bukan?. Ali Bin Abi Thalib ra pun sampai berkata:

"cukuplah sebagai kemuliaan ilmu, orang yang bodoh pun mengaku-aku memilikinya. ia juga senang disebut sebagai orang yang berilmu. cukup pula sebagai celaan terhadap kebodohan, orang yang bodoh sekalipun menghindar dan berlepas diri darinya, ia juga akan marah apabila dikatakan sebagai orang yang bodoh."

Dan tentu saja seperti yang disampaikan oleh Ali Bin Abi Thalib ra tidak ada orang yang mau menjadi bodoh. Sebab kebodohan lebih banyak menghasilkan kerusakan dari pada kebaikan, seperti yang sering dikatakan sebagian ulama "Barangsiapa beribadah kepada Allah dengan kebodohan, dia telah membuat kerusakan lebih banyak daripada membuat kebaikan". oleh sebab itulah sebagai manusia kita sangat membutuhkan ilmu sebagai mana kita membutuhkan makan dan minum, bedanya makan dan minum adalah untuk menguatkan raga yang bisa saja kita tidak makan dan minum atau berpuasa, sedangkan ilmu merupakan penguat jiwa yang selalu kita butuhkan sepanjang tarikan nafas dan denyut jantung kita, dan orang - orang yang berilmu akan di angkat derajatnya oleh Allah SWT sebagaimana yang difirmankan dalam surah Al-Mujadalah ayat 11;


"...Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat..."

ada banyak keutamaan ilmu yang tentu saja sangat bermanfaat dalam kehidupan kita, namun bukan itu yang ingin saya bahas dalam tulisan saya ini, melainkan orang yang mengajarkan ilmu tersebut atau sering kita panggil dengan sebutan guru. Guru disini bukan hanya terbatas pada guru disekolah formal saja tapi juga guru disetiap pelatihan atau trainer dan disetiap majelis atau murabbi. Lalu kenapa kita mesti membahas orang yang telah menjadi tempat kita bertanya dan menuntut ilmu? dikarenakan kemuliaan ilmu yang kita miliki dan kemajuan peradaban umat manusia tidak terlepas dari nikmat Allah SWT yang dikaruniakan melalui peran seorang guru yang telah mengajarkan kepada kita berbagai macam ilmu pengetahuan, sebagaimana yang kita ingat dalam pelajaran di sekolah bahwa jepang saja setelah di bom atom oleh sekutu memilih untuk mengumpulkan para guru yang selamat guna membangun kembali jepang. itu menandakan betapa seorang guru memiliki kedudukan penting sebagai pemberi ilmu dan pembangun sebuah bangsa yang selayaknya untuk di hormati, tapi yang terjadi sekarang ini justru penghormatan kepada mereka semakin luntur dalam masyarakat.

Banyak orang-orang yang telah sukses dalam hidupnya, memiliki gelar dan memperoleh kekayaan namun seringkali menjadikan diri mereka lupa, sombong dan meremehkan kedudukan seorang guru padahal dasar keilmuan yang mereka peroleh tidak datang dengan sendirinya melainkan melalui bimbingan seorang guru yang membuka pintu ilmu baginya.

Untuk itu marilah kita muliakan seorang guru dengan penghormatan yang layak namun juga tidak berlebihan. Bagi seorang yang sudah sukses cara menghormati guru bisa dengan bersilaturahim atau dengan menyapanya ketika bertemu dijalan meski mungkin dia sudah tidak mengenali kita lagi. Bagi seorang yang masih menuntut ilmu ada beberapa adab dalam menghormati guru diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Hadir dalam keadaan rapi dan baik
  • Usahakan datang lebih dahulu sebelum guru datang
  •  Mengucap salam ketika bertemu guru
  • Mendengarkan dan mencatat penjelasan
  • Duduk sopan dan diam disaat guru menjelaskan
  • Tenang dan tidak ribut meskipun penjelasan tersebut telah kita ketahui
  • Tidak memotong pembicaraan guru
  • Tidak malu untuk bertanya
  • Menghargai ilmu yang disampaikan
  • Tidak berlebihan dalam memuliakan seorang guru


Guru memang pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya bekerja dengan ikhlas  sebagai tanda kesyukuran mereka atas Ilmu yang dimiliki. Tapi setidaknya kita para penuntut ilmu sewajarnya memuliakan para pahlawan yang telah mengajarkan kemulian ilmu tersebut.

- AM -

Leave a Reply

Jangan Lupa tinggalkan Komentar ya